Minggu, 24 Oktober 2010

Arti Sebuah PenghargaanArti Sebuah Penghargaan

Ketika berbagai permasalahan menimpa kita, kita akan berusaha untuk mengatasi permasalahan itu dengan bersusah payah. Ketika bencana menerpa kita, kita pun akan melepaskan diri dari kesusahan yang berkepanjangan. Andai kita bisa memilih hanya pada sisi kebaikan, maka kita tentunya ingin hidup selamanya berada dalam kesenangan. Bila jiwa dan raga bisa bicara, tentunya ia akan memilih untuk bahagia dunia dan akhirat.

Di balik semua permasalahan hidup, sebagian orang menginginkan sebuah penghargaan. Penghargaan yang didambakan dan impikan adalah sebagai wujud dari kepribadian diri kita sendiri. Ketika penghargaan belum datang, mereka mencari sensasi demi ketenaran dan popularitas. Dan ketika penghargaan datang, mereka dengan angkuhnya bahwa ia telah mendapatkan penghargaan atas jerih payah dan usahanya. Adalah hal yang manusiawi jika manusia butuh penghargaan, karena manusia mempunyai nafsu. Tapi apakah kita akan menjadi budak nafsu selamanya?

Setiap manusia memang mendambakan penghargaan. Penghargaan disini tentunya memiliki makna yang luas dan dalam. Kita merasa perlu adanya penghargaan karena kita mempunyai nafsu, jika tidak ada nafsu maka keinginan akan sebuah penghargaan pun tidak ada. Berbagai macam penghargaan tentunya akan dikondisikan dengan keadaan tertentu pula. Disini penulis akan memaparkan sebagian kecil dari bentuk penghargaan.

1. Penghargaan atas harga diri manusia

Sejak manusia dilahirkan tentunya membawa harga diri dan martabat masing-masing sebagai fitrah manusia itu sendiri. Kita tidak ingin harga diri kita diinjak-injak orang lain. Siapapun pasti tidak ingin harga dirinya disepelekan, dipermainkan bahkan menjadi bulan-bulanan orang lain. Bagi yang suka merendahkan harga diri orang lain, pada hakikatnya mereka menginjak-injak harga dirinya sendiri. Bagaimana mungkin kalau mereka merasa punya harga diri tapi tidak merasakan sakitnya bila harga diri direndahkan. Untuk kriteria penghargaan ini, kita bisa menerimanya karena manusia terlahir dengan membawa harkat dan martabatnya masing-masing. Bahkan untuk kriteria penghargaan ini, negara bahkan dunia pun sudah mensosialisasikan pentingnya menjaga harkat dan martabat manusia, yang sekarang kita kenal sebagai Hak Asasi Manusia (HAM).

2. Penghargaan atas hasil karya

Makna yang terkandung dalam penghargaan atas hasil karya orang lain, bisa penghargaan secara fisik dan non fisik. Penghargaan secara fisik diberikan pada orang-orang yang telah berkarya berupa piagam, plakat, uang, beasiswa ataupun yang lainnya. Sedangkan secara non fisik adalah bagaimana sikap kita mengakui bahwa hal tersebut adalah hasil karya orang lain dengan tidak menduplikatnya, tidak mencontek persis atas sebuah hasil karya serta tidak mempublikasikan hasil karya orang lain dengan mengatasnamakan diri sendiri. Adalah sesuatu yang wajar bila manusia menginginkan hasil karyanya dihargai orang lain. Akan tetapi bagaiamana dengan manusia yang semata-mata memburu sebuah penghargaan fisik untuk mencari ketenaran belaka? Bagaimana dengan mereka yang mencari siasat membuat hasil karya hanya untuk kesombongan dan keangkuhan?

3. Penghargaan atas suatu jasa

Mereka yang telah berjasa dalam hidupnya dan dapat menghasilkan suatu perubahan yang berarti bagi orang lain, tentunya orang pun akan dengan sendirinya menghargai jasa mereka tanpa mereka minta dan mohon. Lihatlah mereka-mereka yang telah berjasa dalam hidupnya baik dalam bidang ilmu pengetahuan, sosial, teknologi, pengabdian terhadap bangsa dan negara terutama para pahlawan dan pejuang bangsa, juga jasa-jasa dalam bentuk lainnya. Mereka tiada, tapi nama mereka tetap bersinar dan selalu dikenang. Mereka memang pantas mendapatkannya, karena mereka telah mengabdikan hidupnya demi orang lain.

Dari uraian jenis penghargaan diatas yang merupakan pokok dari semua jenis penghargaan yang tidak disebutkan penulis satu persatu dalam catatan ini, merupakan renungan bagi kita untuk mengkaji lebih dalam tentang arti sebuah penghargaan.

Penghargaan pada dasarnya bukan sebagai akhir cerita dari sebuah perjalanan hidup. Penghargaan hanyalah sebagai simbol bahwa kita telah berbuat sesuatu yang lebih baik dan menjadikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Penghargaan hanyalah sebagai sarana untuk memotivasi diri agar di hari berikutnya bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Penghargaan dapat mengingatkan orang untuk senantiasa menghargai orang lain dalam bentuk apapun.

Dampak baik bagi sebuah penghargaan seperti yang disebutkan diatas, akan berbeda bagi orang yang menganggap penghargaan adalah sebagai suatu bentuk kebarhasilan dan akhir dari suatu cerita. Mereka merasa hal itu adalah sesuatu yang pantas ia terima karena jerih payah dan usahanya. Sehingga mereka merasa dirinya sajalah yang bisa berbuat seperti itu. Akhirnya ia terlena dan tertidur nyenyak tanpa mempedulikan orang lain. Dan pada akhirnya tidak tertutup kemungkinan ia akan berdiri dengan kesombongan dan keangkuhannya. Harkat dan martabatnya lenyap, rasa kepedulian terhadap sesama sirna dan di ujung perjalanan hidupnya ia mati membawa kesombongan dan keangkuhannya.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang sombong karena keberhasilan kita dan dapat menghargai orang lain dengan ketulusan dan kebesaran jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar