Minggu, 24 Oktober 2010

Potret Kehidupan Anak Jalanan Ibu Kota

nez-in-da-club054

Ini adalah artikel pertama ku. Artikel yang pertama kalinya aku tulis tentang dunia sosial. Potret kehidupan anak jalanan ibu kota.

Anak jalanan. Mereka adalah segelintir anak-anak yang kurang beruntung, yang harus bekerja mencari uang di saat anak lain sedang belajar dan bermain. Anak-anak yang kurang beruntung karena harus tidur beratapkan langit di saat anak lainya tidur di tempat yang sangat nyaman. Anak-anak yang harus mengenakan pakaian compang-camping karena mereka tidak punya banyak pilihan pakaian. Mereka begitu mudah kita jumpai di berbagai plosok daerah ibu kota. Bahkan di kawasan semegah mesjid Istiqlal sekalipun.

Setiap anak jalanan ini sudah lama bermukim di halaman mesjid Istiqlal Jakarta. Nggak terbayangkan sebelumnya bahwa di balik mesjid yang semegah ini ternyata masih ada cukup banyak anak jalanan yang bermukim di halaman mesjid. Mereka berasal dari keluarga yang kurang beruntung. Orang tuanya hanyalah penjual kantong plastik. Pembelinya adalah setiap pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat di mesjid ini.

Meski demikian, mereka tetap tampak seperti keluarga yang sanggat bahagia meskipun mereka tidak memiliki tempat tinggal sebagaimana layaknya orang Jakarta miliki pada umumnya. Tak sedikitpun beban terlukiskan di wajah-wajah mungil anak jalanan ini. Mereka sangat bahagia meskipun ekonomi orang tua mereka sangat sulit. Setiap satu kantong kresek yang terjual menghadirkan ribuan senyuman kebahagiaan dari anak-anak jalanan ini. Senyuman yang bahkan, orang-orang kaya sekalipun belum tentu bisa mendapatkannya.

Sesekali para orang tua menyuruh anaknya untuk menawarkan plastik kepada pengunjung, dengan harapan bahwa pengunjung akan memiliki belas kasihan kepada anak kecil sehingga mau nggak mau akan membeli kantong plastik tersebut. Namun, anak-anak ini tetap mencuri waktu untuk bermain, tertawa bahagia menikmati masa kecil mereka. Sedikitpin tidak tersirat beban di wajah mereka.

Sangat sedih memang ketika kita melihat potret kehidupan seperti ini. Kini kita tahu bahwa di daerah ibu kota, bahkan di kawasan mesjid semegah mesjid Istiqlal sekalipun, mesjid yang notabenya sering digunakan petinggi-petinggi Negara termasuk presiden untuk beribadah di dalamnya, masih terdapat kumpulan anak-anak jalanan. Kumpulan orang-orang yang membutuhkan perhatian lebih dari saya, anda, pemerintah, dari kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar